Jumat, 25 November 2011

All about Jawa Timur

Yah, sesuai namanya jawa timur, yaitu provinsi paling timur dipulau jawa. Di provinsi ini lah dahulu banyak terdapat kerajaan-kerajaan kuno, dan bahkan kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara juga berada di provinsi ini. Di provinsi ini pulak pernah ditemukan fosil prasejarah di beberapa tempat. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa dijawa timur hanya terdapat suku jawa dan madura saja, padal dijawa timur pendudukny sangatlah heterogen. Banyak suku-suku yang ada dijawa timur, diantaranya ada suku Jawa, suku Madura, suku Bawean (ada dipulau Bawean, kabupaten gresik), suku Kangean (di pulau kangean, kabupaten sumenep, kebanyakan keturunan suku bugis-makasar), suku Tengger (digunung bromo), suku Osing (di Banyuwangi). Begitu juga dengan bahasa yang ada di jawa timur juga sangat lah beragam, bahasanya sungguh beragam dan variatif. Basa jawanya pun mempunyai banyak turunan dan dialek, begetu juga bahasa maduranya banyak turunan bahasa dan dialek pula.



Dari segi bahasa, bahasa jawa di jatim, paling tidak terbagi menjadi beberapa dialek. Untuk kawasan ex karisidenan madiun dan kediri (pacitan, trenggalek, tulungagung dll), basa jawa di daerah ini mirip dengan basa jawa solo ato mataram. Sedangkan untuk daerah utara bagian barat ( bojonegoro, tuban dll) mirip dengan basa jawa di daerah rembang dan blora. Untuk 2 dialek tersebut, orang surabaya dan sekitarnya sering menyebutnya sebagai basa jawa kulonan ( jawa bagian barat). Sedangkan untuk kawasan surabaya dan sekitarnya memakai basa jawa suroboyoan. Dan untuk daerah malang raya dan sekitarnya, mereka memiliki dialek yang menarik dengan imbuhan kata "a" pada setiap kalimat, selain itu di malang juga memiliki basa yang dinamakan dengan basa walikan (basa berbalik) yang dipopulerkan oleh supporter sepak bola aremania.

Sungguh daerah yang menarik, banyak potensi wisata alam dan budaya yang beragam. Kalo kalian punya waktu senggang cobalah datang ke jawa timur pasti gak akan rugi dan kecewa koq. Bagi kalian yang suka naek gunung, di jatim juga terdapat banyak gunung yang bisa didaki, bahkan ada juga yg sudah menjadi kawasan wisata loh, seperti gunung bromo yang terkenal itu. Bagi kalian yang suka pergi k aer terjun ato djawa timur sering disebut Cuban/Coban ( curug dalam basa sunda) jangan khawatir, disini juga surganya aer terjun loh. Bagi temen-temen yang suka ke pantai, banyak pantai yang bisa direkomendasikan untuk dikunjungi. Kalo temen-temen suka dengan sejarah dan warisan masa lalu, ya di jawa timurlah tempat tujuan kalian. Disinilah Majapahit sempet berjaya, singosari, kediri dan banyak kerjaan kuno laennya. Candi-candi peninggalan majapahit juga bisa di nikmati di daerah mojokerto. Atau silakan mampir ke daerah malang jika pengen melihat sisa-sisa kerajaan singosari/tumapel. Jika kalian pengen ke taman nasional, tenang saja jawa timur juga ada koq, mau ke tempat-tempat konservasi juga ada.


Saya bangga jadi orang jawa timur, biar orang bilang narsis ato apalah inilah kami warga jawa timur, so monggo sedoyo datanglah ke jawa timur, banyak hal-hal yang menarik disana ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar