Senin, 25 Juli 2011

Marhaban Ya Ramadhan

Tak terasa seminggu lagi Ramadahan datang, bener-bener beda dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya. Biasanya sebulan sebelum puasa, aku dah persiapan wat nyambut bulan suci ramadhan, dengan mulai berpuasa sunnah ato banyak-banyak baca al quran ato yang laennya. Tapi kale neh mpe seminggu sebelum puasa, aku masi belom juga ada persiapan :(


Taon ini bener-bener berasa berbeda, menjelang puasa malah sering bermaksiat, jarang baca Al quran, gak pernah puasa Sunnah, hadeeww...gimana rejeki mau datang???Harusnya sebagai pengangguran aku bisa lebih fokus untuk ibadah, bukan malah banyakin maksiat T_T



Aku jadi teringat pada masa-masa SMA dulu dan pada awal-awal masa kuliah. Kurasa itu adalah masa-masa yang paling menyenangkan, banyak hal-hal yang berkesan saat itu. Ketika ramadhan datang, pasti kusambut dengan suka cita, dengan aktif mengikuti banyak kegiatan. Jangan salah, gene-gene dulu aku neh mantan anggota Rohis loh,hihihihihi..... bahkan termasuk orang penting dan juga salah satu pengambil kebijakan di Rohis sekolahanku dahulu. Ketika bulan puasa, aku sering menginap disekolahan, karna emang banyak kegiatan yang kuikuti disana, terkadang maen bola sambil nunggu berbuka, ato mungkin hanya sekedar kumpul-kumpul ma temen ato kegiatan positip laennya seperti dengerin ceramah sebelum buka juga. begetulah cara kami ngabuburit ngabisin waktu nunggu waktu buka puasa tiba.


Terkadang selama ramadhan kami sering MABIT menginap di sekolahan, maen bola malem-malem setelah sholat tarawih dan tadarus. Seru banget maen bola malam tanpa penerangan, hahaha....ramadhan terasa lebih hidup. Semasa awal perkuliahan pun aku juga masi aktip diberbagai kegiatan ketika ramadhan tiba, secara waktu itu aku juga diberi amanah sebagai kepala Taman Pendidikan Al quran (TPQ) yang membawahi lebih dari10 pengajar yang beberapa orang lebih tua dariku, bahkan ada yang guru ngajiku dulu (jadi maloo ;p) dan santri nya saat itu masi banyak, bahkan lebih dari 100 santri di TPQ kami


Aku ingat salah satu kegiatan yang biasa kami lakukan di TPQ yaitu pesantren ramadhan, dan kegiatan yang paling digemari para santri, yaitu JJS ( Jelajah jalan malam) dan malam perenungan dengan api unggun yang menghangatkan tubuh dimalam yang dingin dengan tangis haru para santri. Selaen itu yang paling kusukai saat ramadhan adalah sepuluh hari terakhir, dimana banyak orang yang bersemangat mendapatkan malam lailatul qodar dengan berlomba-lomba beri'tikaf pada malam harinya. Berkeliling ke masjid-masjid jami' saat 10hari terakhir sudah menjadi kebiasaanku, dan Alhamdulillah selama di jakarta pun ku masi bisa melaksanakan kebiasaanku itu ^_^


Kini ku kangen dengan masa-masa itu, tapi tak mungkin ku bisa kembali kemasa itu. Ku harus teteup melangkah maju, tak boleh ku biarkan ku berjalan mundur. "Hari ini harus lebih baek dari hari kemarin". Smoga aku masi menyusul ketertinggalanku, ku tak bole gagal di ramadahnku taon ini, Marhaban Ya Ramadhan...


Mari kita tingkatkan ibadah dibulan suci nan penuh berkah ini ^_^

2 komentar: