Selasa, 14 Juni 2011

My First Design

Kali pertama saia belajar software skecth up, langsung kepikiran untuk mendesain sebuah rumah mungil. Ada tantangan tersendiri bagi para perencana ketika ia disuruh mendesain rumah dengan luas lahan yang sangat terbatas. Dimana ia juga harus dituntut untuk bisa membuat desain yang bagus tanpa harus menghilangkan ruang-ruang yang bersifat fungsional.

Seorang perencana yang baik harus mampu menghadirkan kebutuhan klien, selain itu juga menjadi seorang perencana ato desainer harus memperhatikan aspek lingkungan. Kita tidak boleh mengesampingkan lingkungan untuk desain bangunan demi terwujudnya estetika.

Untuk desain pertama saia ini, mencoba menghadirkan suasana minimalis pada bangunan. Luas lahan yang tersedia adalah 6x9 m. Untuk bangunannya sendiri hanya dipakai 6x6 m saja. Pertanyaannya kenapa hanya 6x6m saja??jawabanya seperti yang sudah dikemukakan diatas bahwa seorang desainer juga harus memperhatikan aspek lingkungan, oleh karna itu saia sisakan untuk taman kecil.

Walopun terletak diatas lahan yang sempit, disini saia mencoba memisakan fungsi ruang, antara public area dan private area. Untuk lantai1 dipergunakan sebagai public area, sedangkan untuk lantai 2 dipergunakan sebagai private area. Di public area terdapat, ruang tamu, ruang santai, 1kamar tamu, kamar mandi dan dapur. Sedangkan di private area terdapat  2kamar tidur, ruang keluarga dan 1kamar mandi. Selain itu juga terdapat beranda dibagian depan dan samping. beranda bisa difungsikan tempat bersantai dan juga bisa menjadi tempat sirkulasi udara kedalam rumah.

Fasad/ bagian depan sengaja didesain simple dan tegas agar bisa menampilkan sisi minimalis pada rumah. Selain itu juga terdapat pasangan batu alam yang sengaja di desain sedikit menjorok keluar yang memberi sedikit warna pada fasad. Pada bagian batu alam pun di susun pola jendela yang bersusun, selain berfungsi sebagai lighting alami juga bisa memberikan aksen tersendiri pada fasad rumah. Pada bagian kamar terdapat jendela yang dibuat memanjang keatas yang akan mempercantik rumah. Desain pada fasad dibuat tipikal pada lantai 1 dan lantai 2.

Mungkin ini lah sedikit yang bisa saia sharing tentang first design saia ketika belajar software skecth up. Bila ada saran dan kritik saia sangat terbuka sekali untuk menerimanya, demi perbaikan atas diri saia sebagai seorang pemula pada perencanaan desain rumah. Enjoying ^_^

2 komentar:

  1. ga ada garasi om?

    BalasHapus
  2. kan itu karna keterbatasan lahan om, jd gak bisa dkasi garasi. mungkin kalo lahannya ada kelebihan dikit, sebelah taman itu bisa djadikan carport. hanya saja dsitu tidak bisa karna hanya tersisa, sangat sedikit.

    BalasHapus