Minggu, 12 Juni 2011

Belajar Desain Lagi

Setelah sekian lama gak pernah menjamah software gambar kini mulai lagi membiasakan diri dengan software gambar. AutoCad yang merupakan software wajib bagi orang teknik pun benar-benar sudah tak terjamah lagi olehku. Mungkin sekitar 4tahun saia tak menjamah program itu. Karna dulu emang berkecimpung dipemetaan, sekarang setelah kembali lagi kedunia sipil, otomatis, mau gak mau harus wajib bisa menjalankan beberapa program gambar. Karna selama 4tahun skill sama sekali tak diasah, rasanya seperti bener-bener baru belajar lagi dari awal.

Nah sekarang, saia mencoba software yang diberikan salah seorang temen, yaitu sketch up. Software ini dikeluarkan oleh google. Temenku yang seorang arsitektur itu merekomendasikan program ini karna emang mudah dipelajari dan cukup aplikatif. Dan sekarang emang software inilah yang sering digunakan oleh para arsitertur dan para desainer pada umumnya.


kali ini saya mencoba mendesain rumah sederhana dengan luas tanah 7x15 m. dengan rincian 2 kamar tidur dengan kamar mandi dalam, ruang tamu, ruang keluarga, mushola, dapur, dan kamar mandi luar. bagian depan terdapat carport dan taman kecil, bagian belakang juga dibikin taman kecil. private area dan public area tidak dipisah secara jelas karna memang keterbatasan lahan.
Rumah di desain minimalis, dengan penggunaan material batako ato conblock sebagai tembok. bagian depan batako ato conblock sengaja di ekspose, sehingga fasad depan tampak sebagian besar ekpose batako dan kolom beton yang juga di ekspose. Sedang dibagian depan ruang tamu dibikin sedikit menonjol dan menggunakan material batu alam, sehingga nampak lebih sedikit elegan. Masih berkutat pada fasad depan, pada jendela kamar depan dibuat semacam kubus yang sedikit menonjol keluar, sehingga menambah variasi bentuk didalam fasad.

Selain di desain secara minimalis, secara fungsional rumah juga di desain sebagai rumah islami, yaitu salah satunya terdapat mushola sebagai tempat khusus dalam menjalankan ibadah untuk keluarga. Di sisi lain sebisa mungkin rumah juga mengedepankan green desain, yaitu adanya taman di bagian depan dan belakang rumah sebagai penghijauan. Selain itu juga ruang tamu sebagai ruang publik, juga diberi pencahayaan yang cukup melalui 4jendela, 2 terdapat di bagian depan, dan 2lagi terdapat dsamping pintu.
Untuk bagian belakang terdapat dapur dan kamar mandi yang terletak diluar, ato terpisah dengan ruang utama rumah. Akses sengaja dibikin keluar rumah, karna kamar mandi nya difungsikan sebagai ruang publik, dan juga dapur juga berada diluar menghadap ketaman belakang. Untuk bagian atap, dibikin atap pelana, dengan miring disatu sisi saja. dan bagian depan diatas ruang tamu di dak sampe ke teras.

Karna saia masi tergolong newbie dalam mendesain rumah, pastinya masi banyak kekurangan yang perlu dperbaiki. Sebenarnya desain ini pun belum siap publish, coz emang belum jadi sepenuhnya, kusen-kusen nya pun belum ada yang jadi. Serta interior pun belum dilengkapi, tapi semangat untuk belajar akan teteup dipertahankan. Mungkin bagi para senior dan temen-temen bisa memberikan saran atas desain saia ini. terima kasih, smoga bermanfaat dan bisa menginspirasi ^_^

2 komentar:

  1. weihhh, hebat! ini pujian beneran lho. ayo trus latihan. ngehasilin duit lho ini. :)

    ijin follow ya.

    BalasHapus
  2. makasi ja....ntar kalo butuh desain hubungin gw yak, hahahaha...
    dapet discon deuh

    BalasHapus