Selasa, 19 April 2011

Mahalnya sebuah Kepercayaan

Beberapa hari setelah kuberhenti kerja di eksa, tiba2 ada sms masuk ke inbok hapeku. "om bole pinjem duitny ga??6jta aj buat rumah, duit ane baru bisa cair tgl17 soalny". Kemudian kucoba konsul k kawanku, sebelah kamar kosku. Dia bilang "terserah kamu ajah kn kamu yang pinjemin"." kan dia bilang dah ada duit, cuma belom bisa dicairin, brarti kan duitku aman". "ya uda terserah". Tanpa pikir panjang aku pun berniat meminjamkan duitku. Kupikir toh dia orang baek, track recordnya juga baek2 ajah, lom pernah denger yang negatif tentang dia, bahkan dia pun mantan bozku. Lagian kalo aku butuh sesuatu juga dibantu temen2ku walopun belom tentu dia yang bakalan bantu. Akhirnya aku pun menjawab smsnya, "okay om". "klo bisa 7jt ya om, tranfer skg jg y cz hrz bayar kontraktorny skg". Aku pun segera menuju k atm untuk mentransfer uangnya, gak tau kenapa atm deket kosan lg error tak bisa transfer uang. "om maap atmny lg error, mgkn ntar sore baru ane transfer". "jgn lalu sn terore yak, cz neh dah dtgguin kontraktorny". hah??ini orang minjem koq maksa banget yak??tapi saat itu aku masi possitive thinking ajah, tak ada pikiran jelek sama sekali. Sms masuk lagi "om buruan yak transfernya". Hadeww, aku pun segera mencari-cari atm terdekat, akhirnya ketemu dan segera aku transfer deh."transfered done".
Setelah beberapa hari aku pun maen ke tempat temanku si ayu, kemudian si ayu nanya "din, duitmu diapain ajah??jgn boros yak, mendingan ditabung ajah". Aku pun bercerita kalo duitku dipinjem ma temen kita yang masi bekerja. Si Ayu pun langsung berteriak :"APAAA???yang bener??tega amat dia pinjem ma kamu??kamu itu kan gak kerja, itu duit buat bertahan hidup, biasa2nya kau pinjemin segetu banyaknya??". " tapi kan yuk, menolong teman apa salahny??". "iyah tapi gak sebanyak itu juga kalee??ntar kalo gak dbalikin gimana??itu malah dapat memutus silaturahim dan pertemanan, ini masalah duit din, masalah krusial, sodara ajah bisa berantem gara2 duit"."kan niatnya cuma ngebantu yuk, dia blg juga ada duitny cuma lom bisa cair". " aahh aku gak percaya din. pokokny sisa duitmu jgn dpinjemin lg ma temen2"."iya yuk, ** *** ** tdny mu minjem *** *** **** ******"."aahh palagi ** ***, jgn dpinjemin pokony, dah getuh gak penting bgt tuh *** **** ******. kau tau kenapa mereka pada pinjem ke kamu, karna kamu gampang ditipu. wajahmu itu polos". " masa si sampe segetuhny yuk??". "dah pokony jgn diapa2in lg duitmu". "iyah deh, baeklah". Beberapa hari kemudian aku pun pulang kampung karna ada tes kerja disana. Tiba2 juga mbakku bertanya : "din, ibu nanyain tuh, koq kamu belom transfer2 juga duitnya??katanya mu tansfer 20jt??". Aku pun diem sejenak, kemudian sambil tersenyum aku menjawab :"hehehe...duitnya dpinjem temen, tunggu duitnya balik baru ntar aq transfer deh". " tuhkan, ibu tuh dah curiga, ibu bilang pasti duitnya dipinjem2in k temenmu, kamu tuh gak bisa pegang duit"." iyah maap, ntar aku tanrsfer koq kalo uda dbayar". " yakin bakal dibayar??". " iyah". "din, kalo pinjemin duit tuh jangan sebanyak itu, kalo gak dibayar gimana??klo pinjemin itu 100 ato 200 aja, biar kalo gak dibayar masi bisa di ikhlasin, kamu, dol (nama adikku) ma ayah tuh sama ajah". "tapi dia orang baik koq, track recordny dikantor baek2 ajah koq, lagian dy blg dah ada duit cuma blm bisa cair". "itu kan dia yang bilang din". Akupun terdiam lama, kemudian aku berkata pada kakak perempuanku itu :" yauda mbak, yang penting sekarang jangan bilang2 ma ibu yak??". "terus kalo ibu nanya gimana??". " jawab ajah gak tau". Hari yang dijanjikan pun telah tiba, aku sengaja gak menghubungi temanku itu, sampe sore pun belom ada kabar. Akhirnya dia sms juga yang berbunyi : "maap om gak bisa sekarang, baru bisa cair minggu pertama bulan depan". Aku pun masi berpikir positif, tapi si ayu dan mbaku ku sms yang sama, "gmn dah dibayar belom??". "blm, ktnya awal bulan". "tuh kan gk dibayar, gak bener tuh org". Mbak ku pun juga sms bernada sama. Aku hanya bisa menunggu sampe tanggal yang dijanjikan lagi. Hari itu tiba lagi, dia pun sms lg, "maap om, gak bisa skg neh. tgl10 baru cair". Nah sejak saat itu hatiku mulai resah, kemudian kebetulan pas aku lagi online, tiba2 seorang temen chating denganku, "napa status lu ud??", saat itu emang aku biz apdet status yang berbunyi : " ternyata percaya pada orang yang salah, smoga dia gak menyalahgunakan kebaikanku". aku pun menjawab pertanyaan temenku,"ada deh kasi tauk gk ya?". "uda kasi tauk ajah sey?napa duit lo dipinjem yak ma mantan boz lu??". "wuidih sotoy lu, tau dr mana lu??". "tuh bener kn??". "iyah, lu jg dipinjem??"."hooh, temen gw jg dipinjem juga tuh". "hah??yg bener lo??". "iyah ud"." lu dpinjem brp??". "dia seh pinjem 5jt k gw, tp gk gw kasi segetu, gw kasi cuma 2jt"."klo temen lu dipinjem brp??"."wah gak tau jg ut". Kini hatiku pun mlai resah, tetangga kosanku yang satu lagi, dia belom tau sapa orang yang pinjem uangku, dia hanya tau kalo uangku dipinjem 7jt. Dia berusaha teruz mencari tau sapa gerangan oarang yang pinjem uangku itu, keknya bener2 penasaran dia. Aku yakin, pasti dia minjem lebih dari 3 orang, karna akupun juga baru dapat kabar kalo dia juga menyebar sms minta pinjeman duit. Hadeeww, makin parah ajah neh posisinya, aku tak tau dia terlibat masalah apa, tapi yang jelas uangku bakal susah baliknya neh. Tanggal10 yang dijanjikan pun tiba, temenku ngajakku belanja, aku pun ikod. Dia bertanya "gimana din, dah cair??"."blm neh"." loh bkn ny skg dy mu bayar". "iyah, tp lom ada kbr neh". "kalo cair kan kita bisa skalian belanja kamera yang lu pengen". "yauda di smsin ajah". "iyah neh mu gw sms deh". Aku pun sms begene "ehem". dy pun menjawab"iyah om, gk lupa koq, ntar sore yak, nunggu transferan dr kampung". Katanya dulu dah ada duit cuma belom bisa cair, sekarang malah nunggu transferan dari kampung. Yasudalah yang penting dibayar, "gmn din??" tanya temenku. "katanya ntar sore". "yauda kita belanja ajah mpe sore sekalian nunggu cair". Tapi hingga sore pun tiba, masi juga lom ada kabar. "gmn dah cair blm??"." belom neh". "sms lg ajah kalo getuh " aku pun kembali sms dia "uhuk uhuk". " waduh om kekny gak bisa sore ini, besok pagi yak". Wah wah ternyata, tuuiiing tuuuiiinggg.....
"Yauda bsk sms lg ajah, kukuruyuk, hehehe....". "iya deh bsk dsms lg". Keesokan harinya blm sempet aku sms dia uda sms duluan, dan transfer duit tapi gak penuh, hanya 2jt. Alhamdulillah dia masi ada niatan bayar pikirku. Berita pun dah mulai nyebar tenteng orang yang hutang padaku sebesar 7jt tapi gak dibayar, itu dpicu karna salah seorang temenku mengapdet status tentang peristiwa itu, aku pun jadi gak enak. Tapi justru dari situ aku juga  tau kalo dia juga meminjam pada 2 orang temenku yang laen. Astaqfirulloh, ada masalah apakah dia ini??mudah2an urusannya dimudahkan dan dia cepet membayar hutangku. Aku pun pernah sms k dia "janganlah membuat janji yang tak bisa kau tepati, dan katakanlah insyaAllah hingga Allah akan memudahkanmu" dan aku juga pernah sms dia " mendapatkan kepercaaan orang itu mudah tapi menjaganya lah yang susah". Dari peristiwa ini pun aku juga banyak belajar dan mengambil hikmahnya. Sampe detik ini pun, dia belom melunasi hutangnya, padal dia berjanji akan melunasinya kemarin. dan aku tak pernah menagihnya kecuali hanya meningatkannya pada tanggal-tanggal yang telah ditentukannya sendiri. Smoga temen2ku yang laen gak mengalami seperti apa yang aku alami ini. Dan smoga tulisan ini ada manfaat dan hikmahnya. Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar