Sabtu, 10 Maret 2012

Apa nama panggilan ato julukanmu???

Menurut kalean apa sey arti sebuah nama itu sob?? penting ato gak sey sebuah nama itu?? bukankah nama itu sebuah doa?? so, nama itu sebenernya penting sey, tapi bagiku nama itu emang penting kalo tanpa nama orang juga bakal bingung mao manggil kita dengan sebutan apa?? tapi kalo ane sey gag pernah keberatan dipanggil apa ajah asal jangan sebutan panggilan yang jelek, kan Agama Islam juga melarang memanggil dengan sebutan yang jelek??

Nah, ngomongin soal nama neh sob, ane punya julukan ato sebitan ato panggilan yang disematkan, disandarkan, dinisbahkan, dialamatkan, ditujukan pada ane neh. Dan tiap nama ato panggilan itu sebenernya punya cerita tersendiri dibalik panggilan itu. Mulai dari fisik kita, sifat kita, ato gara-gara perbutan kita sampe kita dapet julukan tersebut sob. Nah kale neh ane mencoba membocorkan, membeberkan nama-nama panggilan ane semenjak kecil hingga sampe udah kumisan en jenggotan sekarang ini. So penting gag sey bagi-bagi nama panggilan ndiri??bukannya itu narsis namanya??(bodo  yang narsis gw sendiri, hahahaha......)

Ketika ane mulai muncul dibumi ini, sebenernya ortu ngasih nama yang bagus ( kan nama itu sebuah doa ) yaitu Muhammad Syaifudin ( harusnya gag pake "Sy" tp "s" ajah menurut kaidah basa arab) yang artinya Muhammad pedang agama. Wuuuiiiihhhh, namanya berat beudh dah, itu dimaksudkan biar kelak ketika ane dah dewasa akan menjadi pembela agama ini, itulah kiranya doa ortu ane. Tapi selanjutnya ane dipanggil sebagai "udin" dan ini lah nama yang paling populer mpe saat ini. Selanjutnya pas ane kecil dipanggil sebagai brodin (baca, broden). sebenernya itu adalah panggilan nama udin untuk orang-orang madura yang punya nama udin, sering disebut den broden. Nah dikeluargaku ato dirumahku, punya gelar sendiri untuk yang cewe biasa mendapat gelar "Mbok" ( ibu/emak ) sedang yang cowo mendapat gelar "Wak" ( paman, untuk panggilan "wak" ini didaerahku biasa digunakan untuk memanggil paman yang bukan keluarganya, sedang yang keluarga sendiri dipanggil paman ato pak lek, pak lik, ato cukup dengan Lek ). Nah jadi kalo dirumah ane dipanggil dengan sebutan "wak brod" ato "wak broden" tapi kadang dipanggil "wak onyo" yg ini asli gag ngerti artinya T_T

Nah itulah awal mula panggilan dan julukan ane, yang kkemudian berlanjut ke sebutan/julukan laen. Ketika smp, karna ane bertubuh kecil ane sering dipanggil udin cilik ( sebenernya ini adalah sebagai pembeda karna saking banyaknya yang punya nama udin, hadeeeww... T_T ), saat smp juga dulu lagi ada pilem tuyul dan mbak yul, sekali lagi karna ane bertubuh kecil bak seekor tuyul ane pun dipanggil dengan nama "ucil" ( nama tuyul yang ada dipilem) hikz :'( . itu bertahan hingga lulus smp loh. oia satu lagi mpe lupa, ane juga sempet di panggil "Ndolop" yang artinya bego, ckckckckckck.... Saat masuk Sma tentunya pasti punya panggilan lagi. Nah pas Sma ini ane sempet di panggil "shinchan". Panggilan itu disematkan ke ane karna lagi-lagi fisik tapi bukan cuma fisik tapi juga karna sifat. Untuk fisik karna ane punya alis tebel bertubuh kecil, nah sifatnya karna ane suka jahilnya minta ampun, terutama ma temen-temen cewe, huehehehehe....hohoho...kaco kaco. Tapi dengan sebutan-sebutan baru itu gag menghapuskan panggilan lama loh, udin kecil juga termasuk yang paling awet.

Sebenernya juga ane sering dipanggil karna fisik loh, seperti karna tubuh ane yang kurus kering jadi pernah dipanggil "bongkring/bongkreng/cungkring" pas kuliah karna ane mulai berjenggot sebutan "udin jenggot" pun muncul, tapi bisa juga karna jurusan kuliah yang kita ambil jadi "udin BG" karna ane ambil jurusan sipil bangunan gedung, kalo pas jadi guru ngaji ane dipanggil sebagai "kak udin" . karna jenggot ane pulak ane sering disebut sebagai "pak ustadz" tapi diantara panggilan-panggilan itu ada pulak panggilan yang ane gag suka, seperti panggilan "ustadz cabul" ato "ustadz mesum" ini adalah seburuk-buruk panggilan dan yang paling ane benci T_T gag usah gabungin 2 kata itu seharusnya :(

ketka ane dah merantau di Jakarta ane pun masi teroz mendapatkan nama-nama baru, ada yang panggil "bang udin"  dan ada pulak yang panggil dengan "uud/uut" kalo dipanggil uud enag juga sey didenger ditelinga. Yang aneh neh ada yang panggil ane "bang bajuri" buncit juga kaga, gendut kaga, punya bajaj kaga, eh dipanggil bang bajuri?? ada pulak yg manggil    " masud/mas_ud" yang ini juga boleh, hmmmm...oia ada pulak  yg fisik lage neh, panggil ane "keliting" karna emang rambutnya keriting, ada pulak yang panggil "bropoto" yang diambil dari nama blog ane ato juga karna kita suka poto-poto deh, beeuuuhh...banyak beudh dah sebenernya panggilan nama ane tuh, tapi ini adalah beberapa yang ane inget dan paling populer lah, kalo yang laen mungkin panggilan yang asal lewat tapi gag awet, kek misalnya "tukang tidur" ato " udin yang ngantukan" ato mungkin "udin si raja teori" ( kalo ini pas waktu masi kuliah ) ada ceritanya juga sey. Dulu pas masi jaman kuliah, ane tuh orangnya males, gag pernah ngerjain tugas ( kalo ini dari dulu sey, mpe pernah diboikot guru matematika gag bole masuk gara-gara gag pernah ngerjain pe er ) suka tedor dikelas pulak, tapi sob...walopun getuh ane selalu bisaa ngasi penjelasan kalo temen-temen ada yang bingung dimata kuliah tertentu, ane bisa jadi dosen dadakan kalo dibutuhin, huehehehe...tapi ane kalo disuruh ngerjain sendiri males bener dah, jadinya ya getuh yang laen nilainya bagus ane jeblok karna emang malez so muncullah julukan "si raja teori" karna kalo disuruh ngerjain ato praktek sendiri ane bener-bener malez T_T

So, apa kalean juga punya julukan bro en sist?? silakan ajah di share sapa tauk ada yang aneh ato lutchu getuh. Kek temen-temen ane yang disurabaya, julukannya aneh-aneh beudh loh sob, bahkan ada yang dipanggil dengan nama-nama hewan seperti, petek/ayam, kecoa ato mungkin julukannya ada yang agak parah, dipanggil "sampah" gara-gara semua makanan masuk, bahkan makanan temen-temen yang gag abiz pun disikat juga, hahahaha..... ada pulak temen yang dijuluki "raja kondangan" coz selalu hadir ditiap kondangan, mau jauh mau deket pasti hadir, ckckckckck... ada pulak temen yang suka tedor dijuluki sebagai "kogoro" ngambil dari tokoh kartun conan, dimana detektif kogoro terkenal dengan kogoro tedor, itu karna temen ane suka tedur juga, kalo pas lagi tidur banyak temen yang bilang kalo dia tuh sebenernya lagi nyelesain kasus, kalo tedornya lama brarti kasusnya berat, ahahahaha....gokil kan?? Nah sob, gimana dengan kalean??punya julukan sendirikah??




2 komentar:

  1. waktu SMP, banyak yang manggil aku "ephie"

    waktu SMA ada yang manggil aku "su-ep" ;) gak terlalu bagus yak..hehe

    waktu kuliah, aku sering dipanggil "epink" cuma gara2 aku pernah pake baju bertema "pink", sempet juga dipanggil "koneng" (ya krn sering pake baju kuning)

    jadi, nama panggilan ku gk jauh2 dari nama depan sihh, kecuali begitu mengabdikan diri di kantor yang sama ma Udin, tiba2 dipanggil "dewi" ;)

    dari semuanya, favoritku "epi", simpel dan santai... sedangkan "epink", cuma buat orang2 tertentu yang kuizinkan..hehehe ^^v

    BalasHapus
  2. oke...oke...nais share mbk epi ^^

    BalasHapus