Minggu, 13 Februari 2011

MINGGU CERIA

Minggu tlah tiba,minggu tlah tiba hore....hatiku gembira, hehehee.....
Saatnya CFD (car free day), mungkin ini merupakan event yang ditunggu-tunggu oleh sebagian goweser,tempat berkumpulnya ribuan goweser diseluruh DKI. gimana engga jalan selebar Sudirman -Thamrin dipenuhi oleh ribuan pesepeda yang ada di jakarta dan sekitarnya. Selain sebagai sarana rekreasi CFD juga bertujuan mengurangi polusi udara walaupun hanya sehari. Akan tetapi itu juga sudah lumayan baek koq dan saya rasakan sendri udara pagi yang segar dihari minggu. Sayang kale ini saya bangun kesiangan jd baru berangkat dari kosan daerah pasar minggu jam setengah delapan. Sekitar sejam kemudian barulah saya nyampe disekitar budaran HI yang sudah dpadati oleh ribuan warga DKI yang asyik bersepeda. Dari kosan saya mengambil rute pasar minggu-pejaten-kemang-blokM-senayan-sudirman-HI. Seperti yang saya kemukakan tadi perjalanan dari pasar minggu menuju HI memakan waktu 1jam. Mungkin itu ukuran newbie seperti saya ini, hehehe....
Dalam perjalanannya saya menggunakan gigi 6-7 Gka(gigi kanan) dan 2 Gki(gigi kiri). Itu adalah standart bersepedaku, mungkin tiap oang akan berbeda-beda standar dalam bersepeda. Itu adalah gigi yg digunakan dalam keadaan medan datar, akan tetapi bila saya melewati tanjakan biasanya saya gunakan 5-3GKa dan 2Gki, tergantung derajat kemiringan tanjakan. Semakin tajam tanjakan maka semakin kecil gigi kanan yang saya gunakan. Bila kita melewati turunan maka saya biasa gunakan gigi 7-8Gka dan 2-3Gki, bila turunan curam maka saya gunakan 8Gka dan 3Gki, dengan begitu saya bisa tetep teruz mengayuh sepeda tanpa harus berhenti. Jika kaki kita terus mengayuh itu akan melatih otot-otot yang ada pada kaki kita, terutama pada betis dan paha. Bila otot-otot pada kaki kita sudah terbiasa maka perjalanan jauh pun gak akan jadi masalah. Untuk perjalanan kali ini ada 3track yang saya lewati, semuanya adalah track/rute cross country. Track pertama seperti yang saya sebutkan tadi. Track yang kedua keliling sekitar menteng,sebenernya sey saya dah janjian ama temen disekitaran HI tapi karna saya bangonnya kesiangan so, saya terpaksa nyariin dia yang katany lagi perjalanan pulang dan mampir di masjid sunda kelapa, tapi berhubung saya gak apal daerah menteng jadinya muter-muter muluk, akhirny saya putuskan untuk balik. so track yang kedua dmulai dari suropati-cikini-sunda kelapa-HI lagi-Benhil(mampir dulu kerumah temen SMA)-patal senayan-permata hijau-joglo-ciledug. Track yang kedua ini kalo dhitung dari benhil(coz ddibenhil lumayan istirahat sekitar setengah jam) memakan waktu kurang lebih sejam juga. Sampe diciledug istirahat dulu dirumah mbak. Setelah solat dzuhur dan makan siang terus lanjut next destination, track ketiga. Track ini merupakan track yang paling saya benci, melewati jalan raya ciledug adalah hal yang paling menyebalkan. Jalan ini tiada hari tanpa macet, tadi pun demikian tapi gak semacet biasanya sey. so track yg ketiga dmulai dari Ciledug-cipulir-kebayoran lama-mayestic-dharmawangsa-antasari-kemang-pejaten-pasar minggu. Di track yang ketiga ini juga memakan waktu kurang lebih sekitar 1jam. Dari ketiga track ini masing-masing rata-rata 1jam-an. Dan track yang paling saya suka adalah track pertama dan juga ketika muter-muter gak jelas di sekitaran menteng. Next gowes kira-kira kemana yak???hmmmmm......
ini adalah nice day....minggu ceria for me,hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar