Sabtu, 04 Juni 2011

Mamad si Nobita

Sapa seh yang gak kenal tokoh nobita ini??yah dia adalah salah satu tokoh kartun dalam komik Doraemon,komik yang menurut saya cukup eksis lama, dari saya kecil hingga skg pun masi tetep eksis. Doraemon sendiri ditulis sejak tahun 1969.(sumber: wikipedia ) Wow sungguh waktu yang mengagumkan bukan, sudah berjalan 42 tahun dan masi bisa bertahan hingga sekarang. Nah yang menarik disini,  walopun si nobita ini adalah tokoh fiksi, ternyata ketika kita mengamati sekitar kita, didunia nyata ini pun juga terdapat seseorang yang memiliki karakter seperti Nobi Nobita ini. Yah, si mamad namanya, dari semenjak kecil ia hanyalah seorang pecundang yang tak pernah berprestasi, ia pemalas, tak pandai berolahraga, dan ketika berkumpul dengan kawan-kawannya ia slalu akan djadikan bahan ejekan ato ceng-cengan.

Pernah suatu ketika saat si Mamad masi SD, teman-temanya sedang bermaen bola, kemudian temen-temanya memanggil si mamad untuk bermain karna mereka sedang kekurangan pemain. Mereka tau kalo si mamad tak pandai maen bola tapi mreka tetep mengajak mamad sebagai pelengkap saja daripada kekurangan pemain. Si mamad pun disuruh menjadi kiper, karna dengan begetu si mamad gak terlalu membutuhkan skill bermain bola kecuali hnya menangkap bola, tetapi semua akan menyalahkan si mamad bila gawangnya kebobolan. Bukankah sama dengan nobita, yang selalu disuruh ikut bermain baseball oleh giant hanya sebagai pelengkap ajah, dan selalu dsalahkan bila timnya kalah, karna dianggap sebagai penyebab kekalahan.

Dari semenjak SD hingga SMA bahkan sampe di bangku perkuliahan pun si mamad jarang sekali mengerjakan PR ato Tugasnya, sifat pemalasnya itu emang bener-bener parah, bahkan mungkin udah akut. Karna perbuatanya itu, ia sering membuat gurunya marah. Alhasil ia pun sering dihukum keluar kelas, ato disuruh berlari keliling lapangan, ato juga jenis hukuman lainya. Bahkan ia juga pernah tidak boleh mengikuti pelajaran matematika selama beberapa minggu. Tapi toh hukuman-hukuman itu teteup aja tak membuatnya jera, karna emang sifat malasnya itu benar sudah akut. Nah bukankah sama dengan nobita yang juga jarang mengerjakan PR nya.

Oia, si mamad ini selain jarang mengerjakan PR nya ia juga sering tidur dikelas ketika pelajaran. Dan kebiasaan itu tidak hilang hingga ia kuliah bahkan juga hingga ia sudah bekerja skalipun. Bahkan karna kebiasaanya jadi tukang tidur itu si mamad pernah mendapat masalah dikerjaanya. Sebenarnya dulu ia adalah anak yang cerdas, hanya saja ia pemalas dan tukang tidur. Tapi si mamad ini memang selalu tidur bila gurunya ato dosen nya dinilai kurang menarik dalam menyampaikan ato mempresentasikan, ia slalu bosan dan tertidur walopun ia sendri tak ingin tidur sebenarnya. Jika guru ato dosenya menarik dalam menyampaikan ia bahkan tak tidur sedetik pun, dan diperhatikan setiap kata yang disampaikan.

Seperti juga halnya nobita, si mamad pun sering juga menjadi bahan olok-olokan atopun ceng-cengan. Entalah apa yang membuat dia selalu menjadi bahan, mungkin juga karna dia emang pecundang ato mungkin emang enak ajah menjadikan si mamad bahan ceng-cengan. Tapi toh emang si mamad jarang marah kalo dicengin jadi mungkin juga itu yang membikin teman-temannya jadi gemar ngecengin dia.
Nah mungkin itu adalah dari sisi negatifnya, dari sisi positifnya pun si mamad juga mewarisi karakter dari si nobita ini. Mungkin ada yang bertanya, Loh emang nobita juga punya sifat yang positif??Yah mungkin bagi sebagian orang nobita emang hanya seorang pecundang yang cengeng dan gak bisa apa-apa, tapi jangan salah loh, nobita juga memiliki sisi baek yang mungkin bisa kita contoh darinya. Dan saia juga sangat setuju dengan salah satu bloger yang membahas tentang hal-hal yang baik dari diri nobita, bahkan ia membahas bagaimana kita belajar dari nobita  yang mungkin bisa kita contoh.

Dibeberapa serial nobita juga sering digambarkan sebagai orang yang baek, ia adalah orang yang sangat setia kawan. Begetu juga dengan si mamad, ia juga orang yang setia kawan loh, ia akan membantu temannya sebisa mungkin selama ia bisa membantunya. Ia tak pernah mengharapkan apa-apa dari pertolongannya, ia sangat tulus dan ikhlas dalam membantu kawanya, tak perlu aku sebutkan bagaimana si mamad membantu teman-temanya.

Sebagaimana nobita yang jujur, walopun nobita sering mendapat bantuan doraemon agar ia dapat nilai bagus dalam ujian, tapi nobita lebih memilih jujur dan mendapat nilai jelek. Si mamad pun juga demikian, pernah suatu ketika si mamad ujian mata kuliah yang gak ia sukai, dan ia pun hanya diam sajah dan tidur ketika ujian daripada mencoba mencari jawaban dengan cara mencontek. Alhasil diapun mendapatkan nilai E ato 0. Dan ia pun tidak lulus di mata kuliah itu.

Walopun si mamad pemalas dan tidak pernah mengerjakan PR nya tapi perlu diketahui, ia bahkan tak pernah tinggal kelas. Bahkan ia selalu Ranking 10 besar dkelasnya. Jadi sebenarnya ia tidak terlalu bodoh, hanya saja ia pemalas dan tidak pernah percaya diri, ia lebih sering mengangap dirinya tak mampu. Bukan kah sama dengan nobita yang pemalas tapi juga tak pernah tinggal kelas???hmm...begetu banyak sifat dan karaker si nobita yang ada dalam diri mamad.

Nobita adalah orang sangat penyayang binatang, Entah kenapa si mamad juga memiliki sifat yang sama, bukan saya mengarang-ngarang loh, tapi emang si mamad ini sangat suka dengan semua binatang piaraan, terutama kucing. Sayang dari dulu si mamad dilarang memelihara binatang oleh ibunya. Tak tau kenapa bisa ada tokoh yang begetu mirip, walopun yang satu hanya lah sebuah tokoh fiksi tapi karakternya begetu nyata dan melekat pada seorang mamad. Bukankah nobita juga dilarang ibunya memelihara bintang, tapi toh ia juga pernanh sembunyi-sembunyi memelihara binatang tanpa sepengetahuan sang ibu.

Ada yang menarik dsini, ada banyak versi tentang ending dari si nobita ini. Tapi yang paling saya sukai adalah versi ketika doraemon kehabisan baterai dan gak bisa hidup lagi karna baterainya sudah gak diproduksi lagi, dan gak ada yang bisa memperbaiki doraemon. Tapi si nobita si pecundang yang ceroboh, berusaha keras untuk bisa memperbaiki doraemon. Ia belajar dengan keras dan pantang menyerah, hingga ia bisa menjadi seorang ilmuwan dan berhasil menghidupkan kembali doraemon.(sumber: wikipedia)Dan aku pun sangat berharap si mamad pun bisa menjadi sukses seperti nobita pada akhirnya. Walopun dulu ia juga sering berganti cita-cita seperti nobita. Tapi aku yakin si mamad akan bisa meraih kesuksesan juga jika ia mau berusaha dan bersungguh-sungguh.

Nah mungkin itulah sepenggal kesamaan karakter antara tokoh fiksi dan orang dalam dunia nyata ini, mungkin jika kita amati lebih mendetail kita bahkan bisa menemukan banyak kesamaan yang mendetail pada kedua tokoh tersebut. Seperti hal-hal kecil, ternyata si mamad dan nobita adalah anak yang sama-sama memakai kacamata loh. Menarik bukan??bagaimana, apa kalian juga pernah mengamati orang-orang disekitar kalian yang mungkin juga memiliki karakter yang sama dengan salah satu tokoh kartun, heheehe....mari berbagi cerita :)

salam MS ^_^

1 komentar:

  1. harusnya yang diposting itu yang berguna gan.. bukan menceritakan sisi buruk dari karakter orang (mamat)..

    BalasHapus